Analisis Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pontianak

Simon Ahie

Abstract


Tidak terlepas dari tugas dan fungsi perusahaan jasa pengiriman barang yaitu menjaga dan mengantarkan kiriman barang pelanggan dengan keadaan baik sampai pada tujuannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui persepsi konsumen pengguna jasa pengiriman barang PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pontianak terhadap pelayanan yang diberikan, untuk mengetahui faktor penghambat kurangnya pelayanan terhadap konsumen pengguna pelayanan jasa pengiriman barang PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pontianak serta untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pihak pimpinan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam meningkatkan jumlah pelanggan.Untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan harus diperhatikan aspek tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan dan kepastian), serta empathy (perhatian). Kesimpulan yang dapat diambil peneliti adalah kebijakan yang diambil oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 100 Pontianak dengan memperhatikan kualitas pelayanan. Pelayanan yang maksimal dan perhatian yang diberikan kepada pelanggan, akan memberikan tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 100 Pontianak yang hingga saat ini dikatakan cukup baik.


Keywords


Pelayanan Jasa aspek tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan dan kepastian), serta empathy (perhatian)

Full Text:

Untitled

References


Bungin, Burhan, 2005, Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pemahaman Filosofis dan Metodologis Kearah Penguasaan Model Aplikasi), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Bacal, Robert, 2002, Performance Management ( Memberdayakan Karyawan, Meningkatkan Kinerja melalui umpan balik, Mengukur Kinerja), PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dharma, Surya, 2010, Manajemen Kinerjan ( Falsafah Teori dan Penerapannya ), Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Dunn, William N, 2003, Analisis Kebijaksanaan Publik, Hanindita Graha Widya, Yogyakarta.

Dessler, Gary, 1992, Human Behavior, Improving Performance at work, Reston, Reston Publishing Company Inc, Virginia.

Gomes, Faustino Cardoso (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Handoko, T.H, 2000, Orgamisasi Perusahaan Teori: Struktur dan perilaku, BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, PT. Toko Gunung Agung, Jakarta.

Keban, T. Yeremias, 2008, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik (Konsep, Teori Dan Isu) Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Kountur, Ronny, 2007, Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Buana Printing, Jakarta.

Mangkunegara , AA Anwar Prabu , 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan , PT. Remaja Rosdakarya , Bandung.

Moedjiono, Imam, 2002, Kepemimpinan dan Keorganisasian, Penerbit UUI Press, Yogyakarta.

Moleong, Lexy, 1999, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nawawi, Hadari, 1991, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Riani, Laksmi, Asri, 2011. Budaya Organisasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Robbins, Stephen. P dan Timothy A. Judge (2009), Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

.Raba, Manggaukang, 2006, Teori Administrasi, Penerbit Pedati, Malang.

Suwitri, Sri, 2009, Konsep Dasar Kebijakan Publik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Simamora, Henry, 1987, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

Sudarmanto, 2009, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiono, 2005, Metode Penelitian Administrasi, CV. Afabeta, Bandung.

Sulistyani, A. T., dan Rosidah (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v7i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi Integra



Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.