PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO MIYUKIE FLORIST PEMATANGSIANTAR

Resna Napitu, Eva Sriwiyanti, Risma Nurhaini Munthe

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang. Hasil pengumpulan data selanjutnya di analisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 21. Hasil uji dapat disimpulkan bahwa hasil koefisien korelasi di peroleh nilai r = 0,682, yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai (R Square ) = 0,465 artinya keputusan pembelian (Y) pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar sebesar 46,5% dapat dijelaskan oleh kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2), sedangkan sisanya sebesar 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain. Hasil uji hipotesis secara simultan  (uji F) diperoleh nilai signifikan 0,000 < α 0,05 artinya secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk kualitas produk diperoleh nilai signifikan 0,02 < α 0,05 artinya kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk kualitas pelayanan diperoleh nilai signifikan 0,027 < α 0,05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh model persamaan Ŷ = 11,510 + 0,340X1 + 0,293X2  artinya terdapat pengaruh yang positif antara variable kualita sproduk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan pembelian(Y) pada Toko Miyukie Florist Pematangsiantar

Keywords


Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anindya, R. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian Pada “SAMI REMEN.” IQTISHA Dequity, 2(2).

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke). Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe IJO Kota Langsa. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573

Danang, S. (2014). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran. In CAPS (Centre of Academic Publishing Service) (Vol. 66).

Dhena Dinaya Supit. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kuaalitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 155

Hariyanto, S., & Farida, N. (2020). Pengaruh Kuaalitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Veraanda Pasta House & Cafe Gresik. GEMA EKONOMI (Jurnal Fakultas Ekonomi), 9(1), 10–18. Retrieved from http://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/view/1071

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, Philip & Keller, K. lane. (2007). Manajemen Pemasaran (Jilid Pert). Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Lava, A. S., & Hendra, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Tahu Tiga Berlian Probolinggo. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(2), 238. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i2.1078

Lopiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu (Cetakan 1). Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen (Cetakan 1). Bandung: ALFABETA.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2009). Consumer Behavior & Marketing Strategy. In Dana.

Saputri, D. J., & Hutagalung, M. A. K. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-commerce, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Gerai Alfatih. Jurnal Al-Qasd, 2(2), 105–116. Retrieved from http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/AL-QASD/article/view/1054

Siregar, B. G., Nasution, H. F., & Aisyah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Atrbut PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 5(2), 58. https://doi.org/10.24952/masharif.v5i2.1438

Sugiarto, S., & Jumady, E. (2019). Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor. Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 3(3), 152–161. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JUMBO/article/view/11295/pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Journal of Economics, Yogyakarta, 9–42.

Swastha, Basu & Handoko, H. (2000). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy & Chandra, G. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa (Cetakan Pe). Jakarta: Permata Puri Media.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v12i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.