ANALISIS FAKTOR PRODUKSI PADA INDUSTRI PENGOLAHAN DI KOTA PALANGKA RAYA (Studi Kasus Industri Logam, Mesin dan Kimia)

Diana Beatris, Wiwin Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tenaga kerja dan modal terhadap nilai produksi pada industri logam, mesin dan kimia di Kota Palangka Raya dan mengetahui intensitas, efisiensi dan derajat penggunaan tenaga kerja dan modal pada industri logam, mesin dan kimia di Kota Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) yang menggunakan data sekunder. Berdasarkan  hasil analisis Regresi Linier Berganda terhadap Data Nilai Produksi, Tenaga Kerja dan Modal sebagaimana hasil perhitungan SPSS versi 16.0 (terlampir), diperoleh hasil analisis yang dapat disimpulkan yaitu : 1). Penggunaan Tenaga Kerja dan Modal secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Nilai Produksi Industri Logam, Mesin dan Kimia di Kota Palangka Raya. 2). Penggunaan Tenaga Kerja dan Modal pada Industri Logam, Mesin dan Kimia di Kota Palangka Raya selama tahun 2010-2019, efisiensi proses produksi secara keseluruhan bersifat Efisien. Sedangkan Intensitas penggunaan Tenaga Kerja dan Modal bersifat Capital Intensif (lebih banyak menggunakan Modal dibanding Tenaga Kerja), dan Derajat penggunaan input bersifat : Increasing Returns to Scale (IRS).


Keywords


Produksi; Efisiensi; Industri Logam; Mesin; Kimia; Kota Palangka Raya

Full Text:

PDF

References


Ari Sudarman, (1984), Teori Ekonomi Mikro, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Hartanto Airlangga. (2017). Jurnal Program E-Smart IKM Perkuat Pasar Produk Industri, e-Journal.

Idris Fahmi, (2007), “Jurnal”, Daya Saing Industri Di Pasar Internasional. e-Journal.

Juhari, Imam. (2008), Dampak Perubahan Upah Terhadap Output dan Kesempatan Kerja Industri Manufaktur di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unnes.Volume 2, Nomor 2.

J. Supranto, (1986), Statistik Teori dan Aplikasi, Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

Karib Abdul (2012), “Analisis Pengaruh Produksi, Investasi, dan Unit Usaha terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Sumatera Barat Tahun 1997-2008”, Skripsi, FEB Unila.

Kusmawan Pengky, (2019), Skripsi “Analisis Tingkat Efisiensi Proses Produksi Pada Industri Pengolahan Di Provinsi Kalimantan Tengah”, FEB Universitas Palangka Raya.

Muhammad Sadli, (1978), Ekonomi Industri, Balai Lektur Mahasiswa, Jakarta.

Michael P. Tadaro, (1994), Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta.

M. L. Jhingan, (1988), Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, terjemahan D. Guritno, Rajawali Pers, Jakarta.

M. Suparmoko, (1990), Pengantar Ekonomika Makro, Edisi I, BPFE-UGM, Yogyakarta.

Nachrowi, Hardius Usman, (2006), Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan Dilengkapi Teknik Analisis dan Pengolahan Data Dengan SPSS dan EVIEWS, Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta

Noorliana, (2010), Tesis, “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengeluaran Pemerintah Daerah Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan”, Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Purnomo, Didit, (2008), Analisis peranan sektor industri terhadapPerekonomian Jawa Tengah tahun 2000 dan tahun 2004(analisis input output). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ekonomi PembangunanVol. 9, No. 2, hal. 137 – 155

Prihartanti (2007), “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi PenyerapanTenaga Kerja Sektor Industri di Kota Bogor”. Skripsi, Departemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Ruslan H. Prawiro, (1974), Pengantar Ekonomi Industri, LP3ES, Jakarta.

Rustian Kamaludin, (1983), Beberapa Aspek Pembangunan Nasional dan Daerah, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Silalahi Candra (2018), : “Analisis Optimasi, Intensitas dan Derajat Penggunaan Input Pada Industri Kecil Menengah di Kalimantan Tengah”, Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya.

Sumitro Djojohadikusumo, (1975), Ekonomi Pembangunan, PT. Pembangunan, Jakarta.

----------, (1975), Indonesia Dalam Perkembangan Dunia, Kini dan Masa Datang, LP3ES, Jakarta.

Suharno, (2009), Analisis Input Output Manufaktur di Jawa Tengah. 2009. Laporan Penelitian. Purwokerto : Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Sudirman.

Stanny, Dewinta, (2009), Analisis Peranan Sektor Industri Pengolahan terhadap Perekonomian Provinsi Jawa Barat (Analisis Input-Output).Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi, (1990), Teori Ekonomi Produksi, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Suryani, Timtim. (2013), Analisis peran sektor ekonomi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pemalang (analisis tabel input output Kabupaten Pemalang tahun 2010). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Taufik Zamrowi (2007), “Penyerapan Tenaga Kerja Pada Usaha Industri Kecil (Studi Di Industri Kecil Mebel di Kota Semarang)”, Skripsi, Universitas Negeri Semarang

Winardi, (1986), Kamus Ekonomi (Inggris-Indonesia), Alumni, Bandung.

Winarno Surachmad, (1985), Pengantar Penelitian Ilmiah Dalam metode dan teknik, LPFE-UI, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v11i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.