PERANAN SEKTOR INDUSTRI, PENANAMAN MODAL, TENAGA KERJA DAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Diana Beatris, Wiwin Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui pengaruh Nilai Industri Pengolahan, Investasi, Tenaga Kerja dan Nilai Ekspor  secara parsial terhadap PDRB di Provinsi Kalimantan Tengah.  2.  Untuk mengetahui pengaruh Nilai Industri Pengolahan, Investasi, Tenaga Kerja dan Nilai Ekspor  secara simultan terhadap PDRB di Provinsi Kalimantan Tengah. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) adalah untuk menguji hipotesis antara variabel yang dihipotesiskan, penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sumber data :  BPS Provinsi Kalimantan Tengah, BKPMD, Kemenperindag, Kemenakertrans, dan lain-lain yang terkait. Berdasarkan  hasil analisis dapat disimpulkan yaitu bahwa Nilai Industri Pengolahan, Tenaga Kerja dan Nilai Ekspor secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap PDRB di Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu PMDN secara parsial tidak signifikan dan positif terhadap PDRB di Provinsi Kalimantan Tengah. Nilai Industri Pengolahan, PMDN, Tenaga Kerja dan Nilai Ekspor secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PDRB di Provinsi Kalimantan Tengah.

Keywords


Industri Pengolahan; PMDN; Tenaga Kerja; Ekspor; PDRB; Provinsi Kalimantan Tengah

Full Text:

PDF

References


Avanda Fahri Atahrim, 2013, “Analisis Pengaruh Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah”.

Dedi Rustiono, SE, 2008, Skripsi, “Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.

Denty Oktavianingrum, 2015, Skripsi, “Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertmbuhan Ekonomi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Fitrah Afrizal, 2013, Skripsi, “Analisis Pengaruh Tingkat Investasi, Belanja Pemerintah, Dan Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto PDRB di Provinsi Sulawesi Selatan”.

Gujarati, Damodar. Sumarno Zain; penterjemah. 2003. Ekonometrika Dasar. Cetakan Pertama. Erlangga. Jakarta.

Idris Fahmi, (2007), “Jurnal”, Daya Saing Industri Di Pasar Internasional, e-Journal.

Jhingan, ML. 1990. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta : CV. Rajawali. (Terjemahan).

Keong, C.C., Z. Yusop dan V.L.K. Sen. 2005. “Export-Led Growth Hypothesis in Malaysia : An Investigation Using Bounds Test”. Sunway Academic Journal, 2 : 13-22.

Mankiw, Gregory N. 2006. Teori Makroekonomi. 6th Edition. Nurmawan [penerjemah]. Erlangga, Jakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Miankel, A.K., S.M. Thangavelu, dan K. Kalirajan. 2009. FDI, Export and Economic Growth in South Asia and Selected Emerging Countries : A Multivariate VAR Analysis. CCAS Working Paper No. 23, Agustus 2009.

Noorliana, (2010), Tesis, “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengeluaran Pemerintah Daerah Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan”, Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Nachrowi, at.all, 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Dilengekapi Teknik Analisis dan Pengolahan Data Dengan SPSS dan EVIEWS, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Oiconta, N. 2006. Analisis Ekspor dan Output Nasional di Indonesia : Periode 1980 – 2004 Kajian Tentang Kausalitas dan Kointegrasi. Tesis. Universitas Indonesia, Depok.

Ramirez, A., G. Ranis, and F. Stewart. 1998. “Economic Growth and Human Capital”. QEH Working Paper No. 18.

Salomo, R. 2007. Peranan Perdagangan Internasional Sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi indonesia. Modul. Departemen Perdagangan RI dan Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Santoso, R.T.T. 2010. Analisis Perdagangan Luar Negeri Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur.

Samuelson, Paul & D. Nordhaus, William, 1992, Makro Ekonomi, Erlangga, Jakarta

Sukirno, Sadono, 2002, Pengantar Teori Makro Ekonomi, Rajagrafindo Persada, Jakarta

Suparmoko, M., 2002. Pengantar Ekonomika Makro, BPFE, Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. 2000. Ekonomi Pembangunan Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan Pembangunan. UI-Press. Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2005. Ekonomi Pembangunan Proses Masalah dan Dasar Kebijaksanaan. UI-Press. Jakarta.

Sukirno, Sadono, 2003, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Edisi Ketiga, PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Sukirno, S. 2004. Makroekonomi Teori Pengantar. PT Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Suryana, 2001, Ekonomi Pembangunan; Problematika dan Pendekatan, PT. Salemba Emban Patria, Jakarta

Sitompul, Novita Linda,“Analisis Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap PDRB Sumatera Utara”, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan. 2007.

Todaro, Michael, P. dan Stephen C. Smith, 2003. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Edisi Kedelapan, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tarigan, Robinson.2005. Ekonomi Regional,Teori dan Aplikasi. Ed Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Todaro, M. P. 2000. Pembangunan Ekonomi. Haris Munandar. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Zainuddin Ibnurrasyad, 2016, Skripsi, “Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, Jumlah Penduduk, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2004-2014”.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v12i1.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.