Pengaruh Penerapan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderasi

Bayu Eko Broto, Zalikha Zhalika, Hayanuddin Safri, Mai Simahatie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan E-Filling Terhadap kepatuhan wajib pajak dan Kesadaran Wajib pajak sebagai variabel moderasi. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Asosiatif. Pengumpulan Data Dalam Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS (Statistical Product Sofware Solution). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Penerapan E-Filling (X) dan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y) dengan variabel kesadaran wajib pajak (Z) sebagai variabel mediasi yaitu dengan cara cara 0,422 x -0,488 = -0,2451 = -24,51.. Dari hasil perhitungan di atas di dapatkan nilai t hitung sebesar 2,118 > 2.002 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya kesadaran wajib pajak mampu memediasi pengaruh Penerapan E-Filling terhadap kepatuhan wajib pajak

Keywords


E-Filling; Kepatuhan Wajib Pajak; Kesadaran Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Ayuwardani. 2018. “Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015) The.” Nominal Vii(1): 1–16.

Bustami, Anna. 2017. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Di Nagari Sabu Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar.”

Pratama, Rilian, Vince Ratnawati, And Nasrizal Nasrizal. 2019.

“Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pemeriksa Pajak Dengan Konflik Peran Sebagai Variabel Moderasi.” Pekbis (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis) 12(2).

Rahman, Abdul. 2010. “Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan.” Pelaku Bisnis dan Perusahaan, Nuansa, Bandung.

Sari, Yuni Puspita. 2018. “Pengaruh Perceived Quality Dan Country Of Origin Effect Terhadap Niat Beli Xiaomi Smartphone.” BISMA (Bisnis dan Manajemen) 8(1): 50–63.

Susilawati, Ketut Evi, and Ketut Budiartha. 2013. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4(2): 345–57.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susmita, Putu Rara, and Ni Luh Supadmi. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak.” E-Jurnal Akuntansi 14(2): 1239–69.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.