PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK KRETEK DJI SAM SOE DI KOTA PALANGKA RAYA

Harjoni Harjoni

Abstract


Rokok kretek Dji Sam Soe adalah salah satu bahan konsumsi masyatakat dikota Palangka Raya, khususnya di Kecamatan Pahandut. Harganya relatif mahal dibandingkan dengan harga rokok lainnya, sehingga rokok kretek Dji Sam Soe dapat meningkatkan harga diri (prestise), selain itu menyangkut selera konsumen, karena menyangkut selera maka harga mahal tidak jadi masalah. Hasil penelitian, regresi yang ditemukan adalah Y  =  0,312  +  0,644X1  +  0,255X2. Artinya, nilai konstanta 0,312 adalah besarnya nilai rata-rata keputusan pembelian pada saat tidak dipengaruhi oleh persepsi harga dan citra merek. Sedangkan besarnya pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian adalah 0,644, dan besarnya pengaruh citra merek adalah 0,255.  Koefisien determinasi (R2) sebesar R-Square 0,694 atau 69,40 % bahwa kontribusi X tergadap Y sebesar 0,306 atau 30,60 % dipengaruhi faktor lain selain harga dan citra merek.  Pengujian secara parsial, dimana harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu juga citra merek (brand image) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F, dimana secara bersama (simultan) bahwa harga dan citra merek (brand image) berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga perubahan keputusan pembelian mampu diramalkan oleh perubahan harga dan citra merek (brand image).

Keywords


Harga; Brand Image; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Bloch, Peter H., 1995. Seeking The Ideal Form: Product Design and Consumer Response, Journal of Marketing, Vol. 59, July 1995, pp: 16-29.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Toni, 2001. Strategi Menaklukkan Pasar, Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Fadli, M. F., & Giovanni, J. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Customer Relationship ManagemenT (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. BPR Prima Multi Makmur). Jurnal Ekonomi Integra, 11(2), 152-163.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gitosudarmo, Indriyo, 2005. Manajemen Pemasaran, Penerbit BPFE-Yogyakarya.

Hadi, Sutrisno, 2014. Methode Reaserch, Untuk Penulisan Paper, Skripsi, dan Thesis, Yayasan Penerbit Fakultas Psiologi - UGM, Yogyakarta.

Heda, Naufal Savero Rakha, 2017. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sampo (Studi Kasus Pada Merek Clear). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Isnawati, Yulina, 2018. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mobil Suzuki Ertiga Pt Duta Cemerlang Motors Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

J. Supranto, 1981. Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2013. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, PT. Prenhalindo, Jakarta.

Malo, Manasse, dkk., 2001. Metode Penelitian Sosial, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Nazir, Moh., 2010. Metode Penelitian Sosial, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nugraheni, Merlita, 2016. Analisis Brand Image, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Di Wonosobo. Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Radiosonu, 2009. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, BPFE-Yogyakarta.

Stanton, J., William, 1998. Prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sutisna, 2009. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Swastha DH., Basu, 2011. Azas Azas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Widayati, Tri, 2016. Pengaruh Daya Tarik, Kredibilitas, Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Di Jombang. Skripsi, Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri, Triwidayati497@Yahoo.Com.

Winardi, 2003. Pengantar Ilmu Ekonomi, Tarsito, Bandung.

Winardi, 2005. Harga dan Penetapan Harga Dalam Bidang Pemasaran (Marketing), Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.