ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN UNTUK BERBELANJA ONLINE ( STUDI PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI KELING KUMANG SEKADAU)

Adil Bertus AS, Fitria Elvi, Florentina Neneng Sabela

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat beli masyarakat untuk berbelanja online. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Keling Kumang yang dijadikan populasi dan sampel. Adapun faktor-faktor yang penulis gunakan untuk menguji minat beli konsumen diantaranya yaitu kenyamanan, kelengkapan informasi, ketersediaan produk dan jasa, serta efisiensi biaya dan waktu. Titik fokus atau sasaran dari dilakukannya penelitian ini adalah dengan mengamati tingginya minat masyarakat untuk berbelanja produk secara online. Secara umum, masyarakat (mahasiswa ITKK) lebih senang berbelanja online. Berbelanja produk secara online memberikan kemudahan baik dalam mencari produk, maupun dari segi biaya atau harga beli produk yang tentunya lebih terjangkau. Berbelanja online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, sehingga waktu lebih efisien. Oleh karena itu, berbelanja online merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Metode yang digunakan penulis untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengolahan data yang sudah diperoleh adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data mengunakan SPPS 27. V yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa kenyamanan, kelengkapan informasi, ketersediaan produk dan jasa, serta efisiensi biaya dan waktu berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dalam studi kasus yang diambil pada mahasiswa ITKK. Namun tidak semuanya berpengarus secara signifikan, hanya saja kenyamanan dan efisiensi biya dan waktu yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan berbelanja secara online.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.