PENGARUH KEPUASAN WAJIB PAJAK, PENEGAKAN SANKSI PAJAK DAN KEADILAN DISTRIBUTIF TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KOTA PONTIANAK

JOKO SUSENO, SANI SANI

Abstract


The aims of study are analyzing the impact of satisfaction from the taxpayers, tax sanction enforcement and distributive justice on taxpayer compliance, especially taxpayer of construction service companies. Data has been collected by closed questionnaire with Likert scale between 1 and 5. From the statement, it can know the level of taxpayer compliance as the respondent to the problem determined by the way of providing value to answers result from the respondents. Multiple regression analysis has been used to analyze data. Based on the research, it shows that taxpayer satisfaction variable can be proved by having a positive and significant influence on taxpayer compliance especially taxpayer of construction service company by coefficient result β = 0,383 with p-value equal to 0,0095 smaller than α

= 0,05 , variables Enforcement of tax sanctions has been proven by having a positive and significant impact on taxpayer compliance, especially Construction Services Company coefficient β = 0.943 with p-value of 0.014 smaller than α = 0.05. And distributive justice variable has positive and significant influence on taxpayer compliance especially Construction Service Company with result of coefficient β = 0,749 with p-value equal to = 0,0185 smaller than α = 0, 05


Keywords


tax payers satisfaction, tax sanction enforcement, distributive justice compliance tax payer

Full Text:

PDF

References


Albari. 2008. Pengaruh Keadilan terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal UNISIA. Vol. XXXI No. 69 September 2008.

Dharmawan, F. 2012. Pengaruh Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi, Studi Pada KPP Pratama Malang Selatan (tesis). Malang : Universitas Brawijaya. Dipublikasikan.

Dharmayanti, D. 2006. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1 No 1. Hal : 35-43.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Gunadi. 2005. Akuntansi Pajak. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.

Hernawan. 2006. Pemahaman Wajib Pajak Badan Atas UU PPh dan Penghematan Pajak.

Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 3, November 2006, Hal 846 – 868

Jatmiko, A.N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (tesis). Semarang : Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. 2004. Metode Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman.

Cetakan Pertama. Yogyakarta

Koentarto, I. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan masyarakat Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan. Sosioscientia, Jurnal Ilmu-ilmu Sosial.Vol 3.

Lubis, I. 2010. Menggali Potensi Pajak Perusahaan dan Bisnis dengan Pelaksanaan Hukum. Jakarta : Gramedia.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Maryati, E. 2014. Pengaruh Sanksi Pajak, Motivasi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bintan) . Artikel. Tanjungpinang : Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Mustikasari, E. 2007. Kajian Empiris Tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan di

Perusahaan Industri Pengolahan di Surabaya. Simposium Nasional Akuntansi X. 025

Makasar.

Novelia, K. R. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Suatu Studi untuk Pajak Kendaraan Bermotor di Satuan Administrasi Manunggal Dibawah Satu Atap Kota Depok). Jakarta : Universitas Indonesia.

OECD. 2001. General Administrative Principles - GAP004 Compliance Measurement.

Tax guidance series. Centre for Tax Policy and Administration.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.03/2007 Tentang Tata Cara Penetapan Wajib Pajak Dengan Kriteria Tertentu Dalam Rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak

Republik Indonesia, Nota Keuangan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2016

Robbins, S. P. dan Timothy, A. J. 2008. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior).

Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Sanjaya, I. P. A. P. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Hotel. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.1.

Suartana, W. 2010. Akuntansi Keperilakuan, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam Belas. Bandung : Alfabeta.

lupui, I.G.K. 2005. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Persepsi Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural dan Goal Commitment terhadap Kinerja Dinas. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 9. No. 2.

Undang - undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan ( KUP )

Undang - undang Nomor 18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi Undang - undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan ( PPh )

Widodo, P. R. 2012. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Mengenai Petugas Pajak, Kepercayaan Wajib Pajak Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Surabaya Simokerto) (skripsi). Jawa Timur

: UPN Veteran.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v8i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi Integra



Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.