ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN PAKAIAN BEKAS IMPOR DI KOTAMADYA PONTIANAK

Mardiyati Mardiyati, Hijrah Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli pakaian bekas impor di Kota Pontianak. Atribut-atribut yang dipertimbangkan adalah ukuran pakaian, kondisi pakaian, bahan, model, warna ,harga jual, merek, kondisi toko/tempat jualan, lokasi toko, display/cara pajang, toko lelong/pakaian bekas online dan legalitas produk pakaian bekas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dan purposive sampling. Kriteria pemilihan sampel adalah orang-orang yang sudah pernah membeli produk bekas impor  minimal 3 kali. Hasil penelitian dengan n =100 yaitu nilai r dengan α adalah 0,195, Atribut dinyatakan reliabel apabila r hitung > r tabel. r hitung sebesar 0,734 sehingga atribut yang diujikan tersebut dinyatakan reliabel. Hal ini berarti bahwa konsumen mempertimbangkan atribut-atribut tersebut untuk melakukan keputusan pembelian terhadap pakaian bekas impor.

Keywords


Analisis Faktor, Pakaian bekas impor, Kotamadya Pontianak

Full Text:

PDF Untitled

References


Ernawati, H., & Fitriana, F. (2019). Model Keputusan Pembelian Pakaian Batik Dan Tingkat Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 67–74. https://doi.org/10.32477/JRM.V6I1.32

Mawati, N. (2015). Pengaruh Faktor Bauran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslim Di Muslim Store Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/12052

Parubak, B.-, Thoyib, A.-, & Suman, A.-. (2010). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Kain Donggala Di Kotamadya Palu. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 13(4), 592–605. https://doi.org/10.21776/UB.WACANA

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34769

Scheuer, C., Boot, E., Carse, N., Clardy, A., Gallagher, J., Heck, S., … Vecchione, H. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152–164. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto, H. S. (2014). Faktor – Faktor Yang Di Pertimbangkan Dalam Keputusan Pembelian Pakaian Renang Arena Di Surabaya. Retrieved from http://repository.widyakartika.ac.id/1169/




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v12i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.