PENGARUH MODAL USAHA, BAHAN BAKU, DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN (Studi Pada Sentra Kerajinan Topeng Bopung, Patuk, Gunung Kidul)

Putri Dwi Cahyani, Taufiqurrohman Noor Ridho, Anjas Asmara

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisa Pengaruh Modal Usaha, Bahan Baku dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan. Objek dalam penelitian ini mencangkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (MUKM) di Kelurahan bobung kapanewon patuk Kabupaten gunungkidul. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku MUKM di Kelurahan bobung kapanewon patuk Kabupaten gunungkidul. Alasan lain peneliti memilih Objek MUKM di Kelurahan bobung kapanewon patuk Kabupaten gunungkidul adalah untuk memudahkan peneliti dalam melakukan penelitiannya karena lebih dekat dengan peneliti. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan seperti jumlah modal, bahan baku, dan jumlah produksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modal (X1), bahan baku (X2), lokasi (X3), sedangkan variable terikatnya adalah Pendapatan (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu mengenai pengaruh modal usaha, bahan baku dan lokasi usaha terhadap pendapatan dapat ditarik kesimpulan sebagai berukut: Variabel Modal Usaha berpengaruh positif terhadap pendapatan. Variabel bahan baku tidak berpengaruh terhadap pendapatan, Variabel Lokasi Usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan varibel Modal Usaha(X1), Bahan Baku(X2), dan Lokasi Usaha(X3) berpengaruh positif terhadap tingkat Pendapatan UMKM pada Sentra Kerajinan Topeng Bobung

Keywords


Modal Usaha; Bahan Baku; Lokasi Usaha; Pendapatan; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aji, A. W., & Listyaningrum, S. P. (2021). PENGARUH MODAL USAHA, LOKASI USAHA, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KABUPATEN BANTUL. 6(1), 16.

Akuba, A. (2021). IMPLEMENTATION OF BUSINESS STRATEGIES AND STRENGTHENING ENTREPRENEURSHIP CHARACTERISTICS TO INCREASE SME PERFORMANCE IN BOALEMO DISTRICT DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Akuntansi, 6(2), 8.

Dewi, I. (2021). PENGARUH MODAL DAN BAHAN BAKU HOME INDUSTRY PETIS IKAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI KECAMATAN SEPULU. 11.

Ermawati, N., & Afifi, Z. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. 8.

Irawan, M. R. N. (2016). Pengaruh Modal Usaha dan Penjualan terhadap Laba Usaha pada Perusahaan Penggilinga Padi UD. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan. 2, 8.

Marsoit, P., Sendow, G., & Rumokoy, F. (2017). Pengaruh Pelatihan, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia. 10.

Nayaka, K. W., & Kartika, I. N. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja Dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Pengusaha Industri Sanggah Di Kecamatan Mengwi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1927. https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i08.p01

Noviono, H., & Pelitawati, D. (2019). PENGARUH MODAL KERJA, PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI SENTRA INDUSTRI TAS DAN KOPER TANGGULANGIN. 8.

Pratama, R. (2018). PENGARUH MODAL, LOKASI DAN JENIS DAGANGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 239–251. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.97

Purwanti, E. (2012). PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DESA DAYAAN DAN KALILONDO SALATIGA. 16.

Putri, K., & Pradhanawarti, A. (2014). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha dan Peran Business Development Service terhadap Pengembangan Usaha (Studi pada Sentra Industri Kerupuk Desa Kedungrejo Sidoarjo Jawa Timur). 10.

putri, ni made dwi maharani & I made jember. (2016). Pengaruh Modal Sendiri dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman sebagai Variabel Intervening). 2, 142–150.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. 8.

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p15




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.