STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BARU PADA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Misgeti Elen

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi promosi dan membangun model strategi promosi untuk meningkatkan minat mahasiswa baru pada Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif dan fenomenologi eksplanatif Alfred Schutz, guna memahami dan mengungkapkan makna di balik berbagai fenomena yang tampak (noumena). Hasil penelitian ini adalah Model Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Pada Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya melalui pembentukan 5 (lima) proposisi, yaitu 1) Advertising 2) Personal selling 3) Public relation, 4) Direct marketing, dan 5) Word of Mouth. Model tersebut menunjukkan bahwa 5 (lima) proposisi tersebut dapat mendukung untuk meningkatkan minat mahasiswa baru pada Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. strategi yang efektif yaitu Word of Mouth dimana peneliti melihat dengan memberikan informasi dari mulut ke mulut yang pada umumnya dilakukan oleh mahasiswa yang bangga akan alamamaternya.


Keywords


Iklan; Calon Mahasiswa; Hubungan Masyarakat; Pertanian

Full Text:

PDF

References


Aliyah, Ning. (2010). Strategi Promosi Fakultas Dakwah Universitas Negeri Sunan Kalijaga Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Periode 2009-2010. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, hlm. 12

Alma, Buchori. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfa Beta, Bandung, hlm.169

Asmaniah, Yuniati. (2007). Bauran Promosi dalam Perspektif Islam. Fakultas Ekonomi, UIN Malang, Malang

Atmanti, Hastarini Dwi. (2005). Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan 2, no.1 (2005): 38

Barnawi dan M. Arifin. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: Teori dan Praktik. AR-Ruzz Media, 2017), 5.Yogyakarta

Bogdan dan Taylor. (1992). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya, Bandung

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (1st ed.). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Dyatmika, Teddy. (2018). Strategi Komunikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Sosfilkom, Volume XII Nomor 02, Juli-Desember 2018

Effendy, Onong Uchijana. (2004). Ilmu Komuniksai Teori dan Praktek. Remaja Karya, Bandung, hlm. 1.

Fadli, Kasirul. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Pada Universitas Karimun Tahun Ajaran 2017 – 2018. Purnama Berazam, Vol. 1 No. 1 Oktober 2019

Fatchan, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Beserta Contoh Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jenggala Pustaka Utama, Surabaya.

Fatchan, A. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, 10 Langkah Penelitian Kualitatif, Pendekatan Konstruksi dan Fenomenologi. Universitas Negeri Malang.

Guza, Afnil. (2006). Undang-Undang Guru dan Dosen dan Undang-Undang SISDIKNAS. Asa Mandiri, Jakarta, h.54

Hasan, Adnan dan Nur Asia Hamid. (2020). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pasca Perubahan Menjadi Universitas Pada Universitas Muslim Maros. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), Vol. 3, No 2, hal 136 – 149, e-ISSN : 2581 – 2262

Hasibuan, H. Malayu, S.P, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi, cetakan ketiga, Bumi Aksara, Jakarta

Hasibuan, P. (2021). Visi Indonesia 2045. Kompas. https://www.kompas.id/baca/ opini/2021/03/09/visi-indonesia-2045

Hayat, Bahrun dan Suhendra Yusuf. (2010). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan (Bumi Aksara, Jakarta, 21-22.

Kamal, Bahri dan Ghea Dwi Rahmadiane. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi Pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Politeknik Harapan Bersama, Vol 1, No. 2, hal. 147

Kanada, Rabial. (2019). Trend Promosi Perguruan Tinggi yang Ampuh dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru (Studi Kasus Perguruan Tinggi di Kota Palembang). Journal of Islamic Education Management, E-ISSN: 2549-6474

Kotler, Philip dan Gery Armstrong. (2000). Dasar-Dasar Pemasaran, Terj. Alexander Sindoro. Prenhallindo, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manjemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta, hlm.108.

Mehta. (2000). Advertising Attitudes and Advertising Effectiveness. Jurnal of Advertising Research, hlm. 71.

Miles, M.B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysisi: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications Ltd., New Delhi

Morrisey, G. L. (2002). Perencanaan Jangka Panjang, (terjemahan oleh: Ramelan), Prehalindo, Jakarta, hlm. 45.

Mustopo, Ali. (2007). Strategi Kebudayaan. CSIS, Jakarta, hlm 24

Nawawi, Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia (untuk Bisnis yang Kompetitif), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, hal.42

Partanto, Puis A. dan M. Dahlan (2004). Kamus Ilmiah Populer. Arkola, Surabaya, hlm. 293

Pearce, J.A. II dan Robinson, R. B., Jr. (2007). Cases Strategic Management, 4th edition, Chicago, hlm.20

Pirdata, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia, PT Rineka Cipta, Jakarta, h.180

Primayana, Kadek Hengki. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu 2, no.1, hal 8.

Radionusu. (2000). Politik Pemasaran. Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta, h5.

Ray, Michael L. (2002). Advertising and Communication Management. Prentice Hall: Englewood Cliffs, 1982, hlm. 65

Razak, Yusran. (2016). Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. TANZIM: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2016): 42

Ritzer, George. (2004). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Penyadur: Alimandan, Rajawali Press, Jakarta

Schutz, Alfred. (2002). The Phenomenology of The Social World. Heinemann Educational Book, London

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama edisi ke tiga. YKPN, Yogyakarta

Sofyan. (2006). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal hunafa 3, no. 3 (2006): 325.

Suyadi. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri I Delangu. IAIN Surakarta, 1-5

Swastha, Dharmasetha Basu dkk. (2002). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua. Liberty, Yogyakarta, hlm.346.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Universitas Palangka Raya. (2019). Rencana Strategis Universitas Palangka Raya Tahun 2020 – 2024

Universitas Palangka Raya. (2021). Dokumen Laporan Tahunan: Dekan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya Tahun 2021

Wijaya, David. (2008). Jurnal Pemasaran Jasa Pendidikan, SMA Al-Izhar Pondok Labu, hlm. 42.

Waters, Malcolm. (2004). Globalizations. London: Routledge. Diakses dari: http://sobatbaru.blogspot.com/2008/05/pengertianglobalisasi.html. tanggal 16 Februari 2022




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.