NILAI PRODUK DAN HARAPAN DALAM MEMBENTUK KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA PALANGKA RAYA

Harjoni Harjoni

Abstract


Kualitas produk memiliki hubungan terhadap dimensi kualitas produk melalui dimensi sebagai berikut Daya guna (performance), Keistimewaan (features), Kepastian (comformance), dan Estetika. Dengan mengambil sampel sebanyak 95 keluarga yang membeli tahun 2017 sampai 2018 di kota Palangka Raya, maka dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tentang fakta dan harapan konsumen terhadap sepeda motor Honda di kota Palangka Raya mengenai daya guna (performance),  ketersediaan suku cadang, kemudahan perawatan, teknologi mesin, kekuatan mesin, keiritan, warna body, dan desain body dapat disimpulkan sebagai berikut Sepeda motor Honda mempunyai daya guna (performance) masyarakat pembeli untuk keperluan bekerja, sekolah dan kuliah, Suku cadang dan teknologi dimata konsumen adalah netral atau ragu-ragu ini sama halnya dengan pesaing yang tidak ada kelebihannya, Tetapi perawatan, kekuatan mesin dan keiritan bahan bakar cukup mudah, kuat dan irit dimata konsumen, Sedangkan warna body dan desain body jauh dari harapan, ini berarti warna body dan desain body perlu perbaikan

Keywords


Nilai Produk; Harapan; Fakta; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. A, 2014. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek, Spektrum Mitra Utama- Prentice Hall.

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Arrasyid, Harun 2008. Analisis Asosiasi Merek, Nilai Produk, Dan Kualitas Pelayanan, Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Di Bekasi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Jurnal Siasat Bisnis Vol. 12 No. 2, Agustus 2008, e-mail: Harunarrasyid_mm@yahoo.com

Arrayyan, Fazri, 2017. Citra Merek, Nilai Produk, Persepsi Harga, Iklan Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Mr. Geprek Kedai II Unila), Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Azwar, Saifuddin, 2010. Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Buchari, Alma, 2017. Analisis Unsur-unsur Kualitas Pelayanan Jasa Yang Dominan; Kaitannya Dengan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Kasus Taplus Pada PT. Bank BNI Cabang UPI), Bunga Rampai Strategi, Manajemen Bisnis Berbasis Hasil Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Eko, dan Yuli, 2009. Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Engel, James F., 2003. Perilaku Konsumen, Edisi Terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gaspersz, Vincent, 2001. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, PT Gramedia, Jakarta.

J. Supranto. 2007. Pengukuran Tingkat untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery, 2016. Dasar-dasar Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba, Terjemahan Gajah Mada University Press, Jogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2007. Manajemen Pemasaran. PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.

Kotler, Philip, 2017. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Malo, Manasse, dkk., 2001. Metode Penelitian Sosial, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Mulyana, Rohmat, 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta, Bandung.

Schiffman, Leon G, dan Leslie Lazar Kanuk, 2014, Consumer Behaviour, Terjemahan, United States of America : Prentice Hall, Inc.

Sekaran, Uma, 2016. Metode Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Simamora, Bilson, 2012. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono 2018. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Swastha DH., Basu, 2018. Azas Azas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2017. Strategy Pemasaran, Penerbit Andi offset, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2015. MetodePenelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v12i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.