PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (CONSUMER LOYALTY) STUDI KASUS PADA KONSUMEN ZOYA (JILBAB) DI KOTA PONTIANAK

Maulana Filani Rizal, Rianti Ardana Reswari, Dami Dami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas konsumen (consumer loyalty) studi kasus pada konsumen zoya (jilbab) di kota pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna zoya (jilbab) di Kota Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampel, purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket (kuesioner). Terdapat beberapa metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini di antaranya yaitu uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedatisitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi liner berganda, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan koefisien determinasi (Adjusted-R2). Hasil penelitian ini menujukan bahwa citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (consumer loyalty)  di Kota Pontianak.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Fitri & Ruzikna. 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalita. JOM FISIP. Vol. 3, No 1.

Bahrudin, Muhammad & Zuhro, Siti. 2015. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.Vol. 3, No 1(2015).

Bastian, A Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No 1. Pp. 1 – 9.

Delgado, Elena and Jose L. Munuera (forthcoming), Brand Trust in the Context of Consumer Loyalty, European Journal of Marketing.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Hengestu, Nelsen & Iskandar, A Donant. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Vol. 2, No 3. Pp. 363 – 372.

Hermawan, Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol. 4, No 2.

Indrawati, Devi. 2015. Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya”. Journal of Research in Ekonomics ad Management. Vol. 15, No 2.

Januar, F Al & Karneli, Okta. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan merek terhadap Loyalitas Konsumen. JOM FISIP. Vol. 3 No. 2.

Keller, K. L. 2003 . “Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brad Equity, 2th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2001. Marketing: An Introduction, (Third Edition).

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12, Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Marhadi, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone Android Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Vol. 22, No 1.

Mowen, John C. dan Minor, Michael. 2002. Behavior Consumers. Translation by lina Salim. Jakarta: PT.Publisher Erland.

Mowen,J.C., dan Minor, M., 2001,Perilaku Konsumen,edisi 5, Jakarta: PT Penerbit Erlangga

Purbarani, H Vidya & Santoso, b Suryono. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management. Vol. 2, No 3. Pp. 1.

Rangkuti, Fredy. 2009. The Power Of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizaldi, Mufti. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 4,No 2.

Stanton, William J.Buskirk, Richard H. Gulo, D.H. 1991. Taktik dan Strategi Pemasaran.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Wijayanto,Indra & Iriani, S Sri. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 1, No 3.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i1.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.