PENGARUH EKUITAS MEREK, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus Pada Mahasiswi Prodi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Putri Dwi Cahyani, Indah Ita Sari, Bakas Anja Lingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ekuitas Merek, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening pada mahasiswi prodi manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Scarlett Whitening dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling dan data dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ekuitas Merek sebagian tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian barang Scarlett Whitening di kalangan mahasiswa program studi manajemen di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2) Brand Image secara umum. secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian barang Scarlett Whitening pada mahasiswa program studi manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3) Kualitas produk secara parsial berpengaruh baik dan substansial terhadap pemilihan pembelian produk Scarlett Whitening pada mahasiswa studi manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 4) Ekuitas Merek, Citra Merek dan Kualitas Produk secara bersamaan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pembelian barang Scarlett Whitening pada mahasiswa program studi manajemen di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords


Ekuitas Merek, Brand Image; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alvatwa, N. I., Fadilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Citra Merk, Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 816–825. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.392

Ariyanto, Y. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Juke. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.

Biel, A. (1993). Brand Equity and advertising: an overview. In Brand Equity & Advertising.

Chan, A. (2010). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 47–62.

Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13383

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM. SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hardini, R., & Pratiwi, Y. (n.d.). The Effect of Product Quality , Brand Image , and Social Media Influencers on the Purchase Decision of Scarlett Whitening Products on Social Media Instagram in DKI Jakarta. 11869–11878.

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, V. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on Samsung Smartphone Products on Students of the Fac. 10(1), 279–288.

Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 1–1.

Khayah, B. Z., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening ( Studi Kasus Daerah Cikarang Kabupaten Bekasi ) merupakan internet terus berkembang dan tersebar ke dapat menarik minat konsumen untuk. 7(1), 141–154.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga

Kustian, R. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass (Studi Pada Mahasiswa di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 10.

Kusumawardani, A. R. D., Munandar, J. M., & Najib, M. (2018). Pengaruh Sepuluh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Bata Berdasarkan Sikap Konsumen. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 292. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i2.007

Labiro, M. K. (2017). Pengaruh Citra Merek,Harga Dan Kualitas Produk,Pada Keputusan Pembelianproduk Purbasari Lipstick Matte.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Priyatno, Dwi. 2014. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom

Safika, E., & Raflah, W. J. (2021). The Influence of Brand Image, Brand Ambassador and Price on Purchasing Decisions for Scarlett Whitening Product in Riau. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Seri Manajemen, Investasi Dan Kewirausahaan, 1(1), 8. https://doi.org/10.35314/inovbizmik.v1i1.1876

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Saragih. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu Di Jakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., III(2), 5–24.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Syafitri, A., Sari, E. R., Sanjaya, V. F., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). 1(1), 25–38.

Tumbel, N. A. M. T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34831

Wiyono, Gendro. 2020. Buku Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8 Edisi 2. UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Yesi Apriyani. (2021). Pengaruh brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. 1–10.

Yuvita, H. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 431. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.004




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.