PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE

Anita Tresia Samosir, Dame Ria Rananta Saragi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana digital marketing dan online customer review mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan desktiptif dengan sumber data yang berasal dari kuesioner yang diberikan kepada konsumen mahasiswa/mahasiswi FEB Univeristas HKBP Nommensen. Sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran Likert. Dengan analisis data menggunakan uji normalitas data, analisis regresi berganda, uji parsial, uji simultan, koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

Keywords


digital marketing; online customer review; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Brown, Danny & Fiorella, Sam. 2013, Influence Marketing – How to create, manage, and measure brand influencers in social media maketing, Que Publishing, 222 pages

Elvi, F., Sabela, F. N., & Giovanni, J. (2023). THE EFFECT OF THE EXISTENCE OF 35 CONVENIENCE STORES ON CHANGES IN CONSUMER INTERESTS IN SEKADAU DISTRICT. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1689-1694.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728

Muafidah, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. Akuntabel, 18(4), 661–668. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9834

Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–204. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1881

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057 Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online, https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/510, 11.10 am Mouth, And Price Consciousness Terhadap Minat Beli Di Shopee, https://stia-binataruna.ejournal.id/PUBLIK/article/view/345,

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728

Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–204. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1881

Kotler, Phillip and Keller, Kevin L. (2012). “Marketing Management”. Edition.(Bob Sabran. Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen, (15th Editi). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller Lane., K. (2018). Manajemen Pemasaran (13rd ed.). Erlangga.

Kurniawan, A. R. (2018). “Dasar-dasar Marketing: Segala Hal Tentang Marketing & Sales”. Yogyakarta: Quadrant

Lackermair, G., Kaile, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Mudambi, S. M., & Schuff, D. (2010). What Makes a Helpful Review? a Study of Customer Reviews on Amazon. com. MIS Quarterly. 34.1: 185-200.

Statista. 2022. Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh [Internet]. [diakses pada 2023 Maret 26]. Tersedia pada : Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh | Databoks (katadata.co.id)

Sudaryono. 2016. “ Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi.” Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. Diana, A. (2016). Pemasaran, Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset

Zhu F, Zhang X. 2010. Impact of online consumer reviews on Sales: The moderating role of product and consumer characteristics. J Mark. 74(2):133–148. doi:10.1509/jmkg.74.2.133.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.