PIRAMIDA PELANGGAN: PENGUKURAN CSI DALAM MENILAI KESETIAAN KONSUMEN G-SHOCK INDONESIA

Mardiyati - Mardiyati, Hijrah Wahyudi, Didi Rahmat

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah menilai loyalitas konsumen dengan menggunakan customer pyramid model. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan indeks kepuasan konsumen  dengan jumlah responden 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa commited buyer mempunyai tingkat kesetiaan tertinggi sebesar 91,67%, sedangkan switcher buyer  memiliki tingkat penilaian terendah sebesar 82,33%. Hasil penelitian ini  memperlihatkan bahwa  dapat disimpulkan tingkat kesetiaan konsumen G-Shock di Indonesia sudah ke tahap liking the brand dan committed buyer. Walaupun masih ada konsumen yang berada pada tingkatan switcher buyer, habitual buyer, dan satisfied buyer.

Keywords


CSI, Customer Loyalty, G-Shock

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, L. (2013). Analisis Hubungan Kepuasan Dengan Loyalitas Konsumen Terhadap Sepeda Motor Yamaha Vixion Pada Bengkel Abadi. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul Jakarta, 4(November), 1–13.

Aregawi, T. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty : (Experience from Dashen Bank Adigrat area Branch). Index Copernicus Value, 7(9), 101–105.

Ayuningtyas, E., Santoso, B., & Winahyu, P. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Diversifikasi Produk, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Loyalitas Pelanggan Pada Mie Apong Sampurna Gebang Jember). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(1), 99. https://doi.org/10.36841/jme.v2i1.2644

Chairy, P. (2021). Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Faktor Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Sepeda Motor Ahass 2192. Juripol, 4(1), 74–82. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i1.10968

Danny, T. W., & Chandra, F. (2001). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan Di Warung Bu Kris (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), pp.85-95. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15611

Hartati, L., & Dharmmesta, B. S. (2011). Analisis Loyalitas Konsumen Terhadap Retail Store di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan …, 11–43. Retrieved from https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20181227093129.pdf

Hidayat, I. (2009). 10 Prinsip Keouasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Penerbit Airlangga.

Lepojevic, V., & Dukic, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty in the Business Market - an Empirical Study in the Republic of Serbia. Facta Universitatis, Series: Economics and Organization, Februari(245).

Lindung Bulan, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602.

Olaf. (2023). G-Shock Warrior Indonesia (GSWI) - CityMagz. Retrieved September 17, 2023, from citymagz.net website: https://www.citymagz.net/g-shock-warrior-indonesia-gswi/

Priansa, D. J. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (2nd ed.). Penerbit Alfabeta.

Teguh, A. P., Taufik, R., & Nurhaidar, R. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Food Bar Kabupaten Subang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 311–318.

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (2nd ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Upamannyu, N. ., Gulati, C., Chack, A., & Kaur, G. (2015). The effect of customer trust on customer loyalty and repurchase intention: The moderating influence of perceived CSR. International Journal of Research in IT, Management and Engineering, 5(4), 1–31.

Usmara, U. (2015). Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Utami, E. (2016). GSWI CHAPTER CIREBON; WADAH NYAMAN SHARING HOBI JAM MEREK G-SHOCK. Retrieved from Komunita website: https://komunita.id/2016/08/22/gswi-chapter-cirebon-wadah-nyaman-sharing-hobi-jam-merek-g-shock/

Wantara, P. (2015). The Relationships among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(5), 10–11. Retrieved from http:www.econjournals.com

Yasmin, S. N., Febrianty, R. N., Rasya, N. R., & Yusuf, A. (2021). Analisis loyalitas pengguna gopay. Jurnal Manajemen, 13(3), 492–502. Retrieved from https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/9125




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.