INFORMASI PENJUALAN HEWAN QURBAN DAN AQIQAH DI KOTA PONTIANAK (Aplikasi Pencarian Menggunakan Metode LBS Berbasis Android)

Hengky Anra, Pratiwi Bagus Nanindah, Yus Sholva, Udin Rinaldi

Abstract


While there is still a dearth of knowledge about sacrifice animals and aqiqah, animal vendors continue to advertise their wares using traditional techniques. In the meanwhile, many find it difficult to locate nearby and reasonably priced dealers of sacrificial animals and aqiqah due to a lack of information. In order to solve this issue, a system that uses the Location Based Service technique to deliver information on the sale of sacrificial animals and aqiqah is required. With the use of this technology, vendors can advertise their sacrificial and aqiqah animals online, and buyers can view comprehensive animal details, the seller's location, and the distance between the seller and the buyer. The Android platform is used by the application, which helps users locate and market the closest sacrificial and aqiqah animals. Functionality testing was conducted with 23 scenarios, and the results (91.2% for customers and 90% for vendors) were appropriate and error-free. These findings demonstrate how important it is for buyers and sellers to have applications.

Masih terbatasnya informasi mengenai hewan qurban dan aqiqah, penjual hewan masih menggunakan cara konvesional dalam memasarkan produknya. Sementara masyarakat terhambat oleh keterbatasan informasi untuk menemukan penjual hewan qurban dan aqiqah yang berada dekat dan radius yang terjangkau. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menyediakan informasi mengenai penjualan hewan qurban dan aqiqah yang menggunakan metode Location Based Service. Pada sistem ini, penjual dapat memasarkan hewan qurban dan aqiqahnya secara online, sedangan pelanggan dapat melihat detail informasi hewan, lokasi penjual, jarak antara lokasi penjual dan pelanggan. Aplikasi menggunakan sistem Android yang berfungsi dalam membantu masyarakat untuk memasarkan dan mencari hewan qurban dan aqiqah yang terdekat. Pengujian fungsionalitas dengan menggunakan 23 kasus, hasil pengujian sesuai dan tanpa adanya kesalahan yaitu pengujian pelanggan 91,2% dan 90% untuk penjual. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi sangat dibutuhkan untuk digunakan oleh pelanggan dan penjual

 


Keywords


information on sacrificial animals-aqiqah, animal sellers, Location Based Service

Full Text:

PDF

References


Dessler, G. 2008. Human Resource Management eleventh edition. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Firdaus, Muhammad Bambang., Ummul Hairah., Medi Taruk., Rosmasari., Mohammad Yasin., dan Lathifah., (2022), Implementasi Metode Location Based Service Pada Aplikasi Pencarian Kost, Jurnal Teknoinfo, Vol 16, No 2, 384-394.

Harahap, Nazarudin Safaat., (2012), Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika.

Hawkins, Del I. dan David L. Mothersbaugh. 2010. Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy 11e. Published by McGraw-Hill/Irwin, a business unit of The McGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of the Americas, New York, NY, 10020

Hoyer, Wayne D. dan Maclnnis, Deborah J. 2010. Consumer Behavior. SouthWestern. Cangage Learning.

Indrianto, Rendra Ari,. (2022), Rancang Bangun Aplikasi Jual Beli Hewan Qurban Berbasis Mobile, Undergraduate thesis, Surabaya: Universitas Dinamika.

Kuncoro, Mudrajad., 2014, Metode Kuantitatif, Teori dan aplikasi Untuk Bisnis dan ekonomi, Eidis-2, Yogyakarta: AMP YKPN.

Pakaya, R., Tapate, A. R., & Suleman, S. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Hewan Ternak Untuk Qurban Dan Aqiqah Dengan Metode Unified Modeling Language (UML). JTech, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30869/jtech.v8i1.531

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal LONTAR, 6(1), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Saptony T, Nabhan Ghyats Bagas Putra, Shidqi Azmi Fadhil, Hafid Fauzan Ramadhito, Fauziah Syifa., 2021, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Hewan Qurban Studi Kasus Yayasan XYZ, Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, Vol.12(2), 140-147.

Samadi, Mansour dan Ali Yaghoob-Nejadi. 2009. A Survey of the Effect of Consumers’ Perceived Risk on Purchase Intention in E-Shopping. Business Intelligance Journal. 261-275.

Sekaran. U. 2013. Research Methods for Business, 4th ed. NY: John Wiley and Sons. Inc.

Setiowati et. al. 2012. Sikap Online Shoping dan Niat Pencarian Informasi terhadap Niat dan Perilaku Belanja. Jurnal Manajemen Bisnis vol. 2 No. 01. Edisi April 2012.

Stroh. L.K., Brett. J.M., & Reilly. A.H., 2002. All the right stuff: A comparison of female and male managers' career progression. Journal of Applied Psychology, 77(1), 251-260.

Umar, Husein., 2015, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i1.345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.