PERAN MINAT BELI DALAM MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERSEDIAAN METODE PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan ketersediaan metode pembayaran digital terhadap keputusan pembelian produk UMKM di Kota Pontianak, dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan sampel 157 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan ketersediaan metode pembayaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli terbukti secara signifikan dapat memediasi pengaruh social media marketing dan ketersediaan metode pembayaran digital terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi UMKM untuk meningkatkan strategi pemasaran digital dan menyediakan metode pembayaran digital yang mudah dan aman untuk mendorong minat beli dan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Pemasaran Digital, Pembayaran Digital, Minat Beli
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i2.350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.