Page Header

About The Authors

Bianca Cipta Larasati
Universitas Tanjungpura
Indonesia

Rio Laksamana
Universitas Tanjungpura
Indonesia

Article Tools
Print this article
Indexing metadata
How to cite item
Finding References
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
Journal Help

sertifikat

 

ADDITIONAL MENU
FOCUS AND SCOPE
EDITORIAL TEAM
REVIEWERS
PEER REVIEW PROCESS
OPEN ACCESS POLICY
PUBLICATION ETHICS
AUTHOR GUIDELINES
PLAGIARISM CHECKER
COPY RIGHT NOTICE
REFERENCE MANAGER
INDEXING
Open Journal Systems
User

TEMPLATE

MANUSCRIPT TEMPLATE

ISSN

E-ISSN
Flag Counter View Our Stats
Notifications
  • View
  • Subscribe
Language
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Keywords Brand Image Customer Value Efisiensi Harga Kemiskinan Kepuasan Konsumen Keputusan Pembelian Kesadaran Wajib Pajak Kualitas Pelayanan Motivation Pendapatan Pertumbuhan Ekonomi Pontianak Produksi Promotion Provinsi Kalimantan Tengah Service Quality Tipologi Klassen compensation, leadership, motivation, performance disciplines keputusan pembelian
  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • PLAGIARISM
  • INDEXING
  • TEMPLATE
  • SERTIFICATE
  • ARTICLE PROCESSING CHARGE
Home > Vol 14, No 2 (2024) > Larasati

PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN DI PONTIANAK

Bianca Cipta Larasati, Rio Laksamana

Abstract


Perkembangan e-wallet mengalami peningkatan yang signifikan di Indonesia. Penggunaan dompet digital  memengaruhi perilaku konsumen dimana pembeli akan membeli barang tanpa kontrol diri sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif karyawan dan  pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku konsumtif  karyawan di PT Borneo Famili Transportama. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian korelasional dan bersifat kuantitatif. Tiga puluh karyawan PT Borneo Famili Transportama yang menggunakan dompet digital di Pontianak menjadi populasi penelitian ini. Sampling jenuh adalah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam investigasi ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penelitian kepustakaan. Pendekatan analisis data menggunakan perhitungan koefisien Korelasi Rank Order Spearman dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 software SPSS versi 26, analisis tabel tunggal dan silang, dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis hipotesis, ditemukan bahwa penggunaan Dompet Digital memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif karyawan PT Borneo Familia Transportama, ditunjukkan oleh Terdapatnya hubungan yang substansial antara keduanya, seperti yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,871. Lebih lanjut, berdasarkan hasil uji determinasi, perilaku konsumsi PT Borneo Famili Transportama dipengaruhi secara langsung oleh penggunaan Dompet Digital sebesar 75,1%. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang aktif menggunakan Dompet Digital untuk mendapatkan berbagai kemudahan seperti promo, cashback, dan diskon saat bertransaksi

Full Text:

PDF

References


Altara, K. P., & Triyanto, E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Surakarta. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(8), 3205–3220.

Bagla, R.K., & Sancheti, V. (2018). Gaps in customer satisfaction with digital wallets: challenge for sustainability. Journal of Management Development, 37(6), 442–451. https://doi.org/10.1108/JMD-04-2017-0144

Febrianty, D. A. P., & Saleh, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Multidisiplin Borobudur, 1(2), 1–9.

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai dompet digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU. KomunikA, 17(2).

GoodStats. (2023). E-wallet Jadi Metode Pembayaran Terpopuler di Indonesia 2022, Ini Potensinya Pada 2025 Mendatang. https://goodstats.id/article/e-wallet-jadi-metode-pembayaran-terpopuler-di-indonesia-2022-ini-potensinya-pada-2025-mendatang-FOnnm

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11 (1), 50-65.

Gunawan, A. A. L., & Winarti, A. (2022). Pengaruh aplikasi dompet digital terhadap transaksi dimasa kini. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 352–356.

Mujahidin, A. (2020). Pengaruh fintech e-wallet terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143–150.

Katadata.co.id. (2023). Survei Pengguna Dompet Digital: Gopay dan OVO Bersaing Ketat. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/25/survei-pengguna-dompet-digital-gopay-dan-ovo-bersaing-ketat

Katadata.co.id. (2022). Frekuensi Penggunaan Dompet Digital di Indonesia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/29/frekuensi-penggunaan-dompet-digital-di-indonesia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Saputri, A. D., & Pratama, A. R. (2021). Perbandingan Sikap dan Penerimaan Pengguna Layanan Dompet Digital di Indonesia. Jurnal KomtekInfo, 8(2), 154–162.

Simarmata, R. R. O. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan.

Sri Watmah, Siti Fauziah, Nuraeni Herlinawati, 2020. Identifikasi Faktor Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Menggunakan Metode TAM Dan UTAUT2. Indonesian Journal on Software Engineering Universitas Bina Sarana Informatika.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta,

, 1–12.

Tambunan, 2001, Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Waruwu, P. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan.

Gunawan, A. A. L & Winarty , Ajeng. (2022) . Pengaruh aplikasi dompet digital terhadap

transaksi dimasa kini. Jurnal ilmiah multidisiplin.

Subali, S & herlizah, N . (2023) Pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku

konsumtif masyarakat kelurahan Cakung Timur, kecamatan Cakung, Jakarta timur. Jurnal efektor vol 10 no.2

Oktaviani , M & sari , I.P & Miftah , Z (2023) Pengaruh E commerce dan financial

technology terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Journal of applied business and economic. Vol 9 no 3.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.