ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TUMBUH COFFEE GAIA MALL KUBU RAYA

Dwi Kurniaty

Abstract


Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Jumlah responden ditentukan menggunakan rumus Lemeshow dengan sampel berjumlah 100 responden, dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian minimal sekali dan pernah mengunjungi Tumbuh Coffee Gaia City Mall. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran 7P. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsumen yang paling banyak berkunjung yaitu responden berjenis kelamin laki-laki, dengan rata-rata usia 21-30 tahun. Kebanyakan responden memiliki Pendidikan terakhir sarjana, status pernikahan yaitu belum menikah, jenis pekerjaan adalah mahasiswa, dan pendapatan rata-rata per bulan yaitu Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Tumbuh Coffee sebesar 85 persen yang berarti secara umum konsumen telah merasa puas terhadap pelayanan dan produk Tumbuh Coffee. Hasil loyalitas konsumen di Tumbuh Coffee sudah cukup baik. Konsumen dapat dikatakan cukup loyal karena mayoritas konsumen telah merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli di Tumbuh Coffee Gaia City Mall Kubu Raya

Keywords


Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Budiman, Haryanto. (2012). Prospek Tinggi Bertanam Kopi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Chairawani, T. Risha Sefilla. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kedai Kopi Ulee Kareng di Kota Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Departemen Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan. (2021). Statistik Perkebunan Indonesia 2019-2021. Jakarta: Departemen Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan. Diakses dari www.ditjenbun.pertanian.go.id

Durianto et al. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Firmansyah, Farid dan Rudy Haryanto. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Gulo, W. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Griffin, W, Ricky dan Ronald J Ebert. (2002). Management. Jakarta: Erlangga. Hadi, Yusuf Mochtar. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap

Loyalitas Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi pada Produk Air Mineral Dzakya. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.

Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran. Ed ke – 11 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Kotler P, Armstrong G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed ke – 12 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Liany, Feby. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen di Yellow Truck Coffee Bandung. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Martilla, J. A. and James, J. C. (1977). Importance-Performance Analysis. The Journal of Marketing, 41 (1), pp. 77-79.

Megasari Gusandra Saragih, Liharman Saragih, Johanes Wilfrid Pangihutan Purba, Pawer Darasa Panjaitan. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar- Dasar Memulai Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putri, Emmita Devi Hari. (2018). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Yogyakarta: Deepublish.

Rahhadiski, Jannisah Dwi. (2020). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Coffee shop Koplo di Jakarta Utara. Skripsi. Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahardjo, Puji. (2012). Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rahardjo, Puji. (2017). Berkebun Kopi. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rifa’i, Khamdan. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Rinawati, Wika dan Prihastuti Ekawatiningsih. (2019). Manajemen Pelayanan Makanan dan Minuman. Yogyakarta: UNY Press.

Rukmana, R. (2014). Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Yogyakarta: Lily Publisher.

Rumondang, Astri. Dkk. (2020). Pemasaran digital dan perilaku konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sangadji, Etta M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Selang, C. A. D. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Setiawan, E dan Sri Ayu. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Kedai Kopi di Wilayah Majalengka). Jurnal. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan. Universitas Majalengka.

Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Reflika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i2.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.