Page Header

About The Authors

gia aprialda
Universitas Siliwangi
Indonesia

virni alfiqa sopwani
Universitas Siliwangi
Indonesia

sri hardianti sartika
Universitas Siliwangi
Indonesia

Article Tools
Print this article
Indexing metadata
How to cite item
Supplementary files
Finding References
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
Journal Help

sertifikat

 

ADDITIONAL MENU
FOCUS AND SCOPE
EDITORIAL TEAM
REVIEWERS
PEER REVIEW PROCESS
OPEN ACCESS POLICY
PUBLICATION ETHICS
AUTHOR GUIDELINES
PLAGIARISM CHECKER
COPY RIGHT NOTICE
REFERENCE MANAGER
INDEXING
Open Journal Systems
User

TEMPLATE

MANUSCRIPT TEMPLATE

ISSN

E-ISSN
Flag Counter View Our Stats
Notifications
  • View
  • Subscribe
Language
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
Keywords Brand Image Customer Value Efisiensi Harga Kemiskinan Kepuasan Konsumen Keputusan Pembelian Kesadaran Wajib Pajak Kualitas Pelayanan Motivation Pendapatan Pertumbuhan Ekonomi Pontianak Produksi Promotion Provinsi Kalimantan Tengah Service Quality Tipologi Klassen compensation, leadership, motivation, performance disciplines keputusan pembelian
  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • PLAGIARISM
  • INDEXING
  • TEMPLATE
  • SERTIFICATE
  • ARTICLE PROCESSING CHARGE
Home > Vol 12, No 2 (2022) > aprialda

PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF KULINER MINUMAN D’ZIKR MELALUI PEMASARAN DIGITAL DI KOTA TASIKMALAYA

gia aprialda, virni alfiqa sopwani, sri hardianti sartika

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui potensi usaha kuliner minuman D’zikr yang berada di Kota Tasikmalaya terhadap pengembangan ekonomi kreatif melalui pemasaran digital demi menghadapi ketatnya persaingan dan tuntutan era globalisasi saat ini. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan ekonomi kreatif yang dilakukan usaha kuliner minuman D’zikr menggunakan strategi marketing mix dan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial, serta aplikasi jasa pemesanan dan pengiriman makanan via online. Dalam upaya pengembangkan ekonomi kreatif, usaha minuman D’zikr memanfaatkan daya intelektual sebagai hasil dari kemampuan sumber daya manusianya untuk mengembangkan usaha tersebut. Selain itu, kreativitas dan inovasi dalam menciptakan atau memodifikasi suatu produk, serta estetika penampilan desain produk yang menarik perhatian konsumen sehingga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan brand awareness. Meningkatnya jumlah pengguna internet dapat menjadi peluang yang besar bagi pelaku usaha di bidang kuliner untuk menciptakan dan memperluas pasar.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, Kuliner


Full Text:

PDF

References


Choco, D. M. (2020). @dzikr_group.id. Instagram. https://www.instagram.com/p/B_tccREJOry/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (1st ed.). Deepublish.

Daulay, Z. A. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). Jurnal Tansiq, 1(2), 170–190.

Fadli, M. F. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada PT. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001–012. https://doi.org/10.51195/iga.v11i1.148

Fitriana, A. N., Noor, I., & Hayat, A. (2014). Pengembangan Industri Kreatif di Kota Batu (Studi Tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 281–286.

Kartika, M., & Hendarmin, H. (2018). Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 58–71. https://doi.org/10.26418/jebik.v7i1.24578

Nugroho, B. A. (2021). Analisis Potensi dan Pemetaan Sektor Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 3(2), 110–123.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangun Indonesia. Ziyad Visi Media.

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja, 04(02), 93–104. https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryana. (2020). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Penerbit Salemba Empat.

Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Pemasaran Ekonomi Kreatif Kuliner Minuman Boba. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 457–468. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.383

Tandra, H. (2020). Pintar Memilih Minuman Antiobesitas & Diabetes: No More Juice & Boba. Penerbit Andi.

Wibowo, A. (2015). Pengantar Pemasaran Bisnis Digital. In W. Susanto (Ed.), Yayasan Prima Agus Teknik.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v12i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.