PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL NISSAN GRAND LIVINA DI PT WAHANA TRANS LESTARI MEDAN

John Budiman Bancin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan; 2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan dan 3) pengaruh promosi dan kualitas produk secara serempak terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Ada 63 sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan; 2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan dan 3) promosi dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan


Keywords


Promotion; Product Quality; Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amrullah, Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen. http://journal.feb.unmul.ac.id.

Gunawan, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda (Studi Empiris pada Dealer Honda Timbul Jaya Motor Boyolali).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.

Maulana, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Axis (Studi pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara).

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu; Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, A. A. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio GT (Studi Kasus Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sukimin, Halimatussa’diah, & Indriastuty, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi.

Suryana. (2014). Kewirausahaan; Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, F. (2008). Service Management; Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v13i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Integra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Ekonomi Integra
ISSN 0216-4337 (Print) and ISSN 2581-0340 (Online)

Creative Commons License
Jurnal Ekonomi Integra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.